Oleh: Nilna Irfana Taufiqiyya, Nida Ayu Dewanti, Dinda Aulia, Silvi Setia Dewi

UIN Walisongo mengadakan kegiatan KKL Luar Negeri (untuk mahasiswa ICP S1) dan Student Mobility (untuk mahasiswa S2) ke Singapura, Malaysia, dan Thailand yang dimulai sejak tanggal 8 Juni 2024.

Kegiatan ini dihadiri oleh mahasiswa ICP S1 dan mahasiswa S2, dengan didampingi beberapa oleh dosen dari tiap strata, serta Prof. Dr. Fatah Syukur, M.AG. selaku dekan, dan Prof. Dr. H. Muslih M. A. selaku wakil dekan 3.

Pada Tanggal 12 Juni 2024, pukul 08.14 pagi, KKL Luar Negeri dan Student Mobility UIN Walisongo mengunjungi Solahudin School yang berada di Thailand. Kegiatan di sekolah tujuan diawali dengan pementasan kebudayaan negara masing-masing (Indonesia dan Thailand) pada pukul 08.30 waktu setempat.

(Sambutan siswa-siswi Solahudin School kepada UIN Walisongo

Sunber gambar: dokumen UIN Walisongo)

Pementasan kebudayaan ini diawali dengan sambutan hangat dari pihak sekolah. Kemudian, para murid menyanyikan lagu Thailand yang disambut dengan tepuk tangan meriah dari penonton. Setelah itu, mahasiswi UIN S1 menampilkan pentas tari yang memukau, disusul dengan pertunjukan dari murid SMA Solahudin yang tidak kalah menarik.

(Persembahan pentas tari mahasiswi UIN Walisongo

Sumber gambar: dokumen UIN Walisongo)

(Persembahan pentas dari Solahudin School

Sumber gambar: dokumen UIN Walisongo)

Salah satu momen puncak adalah pidato yang disampaikan oleh Feby Ilfani Mukhoyyaroh, mahasiswi ICP PBI S1, yang berhasil memukau hadirin dengan pesannya yang inspiratif. Pementasan diakhiri dengan penutup yang meriah.

(Pidato oleh Mahasiswi UIN Walisongo

Sumber gambar: dokumen UIN Walisongo)

Setelah pementasan, tim dibagi untuk melanjutkan kegiatan di lapangan. Tim S2 bertugas mengamati jalannya acara, sementara tim S1 melaksanakan pre-teaching di berbagai tingkatan sekolah.

Untuk tingkat SD, tim PBI terdiri dari :

1. Nida Ayu Dewanti

2. ⁠Dinda Aulia

3. ⁠Malika Rumaiza Putri

4. ⁠Rafika Kintan Tanadda

5. ⁠Najwah alfisidda

Sedangkan untuk PBA dan PGMI juga turut serta digabung menjadi satu tim melakukan pre-teaching di tingkat sd, terdiri dari :

1. Sabareyah Samahoh

2. ⁠Riska Ayu Safitri

3. ⁠Aisy Asma Nadia

4. ⁠Neli Dian Rahmawati

5. ⁠Laily Khoirum Marzuqoh

Di tingkat SMP, tim dibagi menjadi dua kelompok yang seluruhnya adalah mahasiswa PBI. Tim pertama terdiri dari:

1. Amanah Hani Fauziyyah

2. ⁠Silvi Setia Dewi

3. ⁠Ulin Na’mah

4. ⁠Febby Ilfani Mukhoyyaroh

5. ⁠Shinta Ayu Pramudya

Serta tim kedua yang terdiri dari:

1. Nilna Irfana Taufiqiyya

2. ⁠Saniya Histimuna Aisyah

3. ⁠Hana Salsabila

4. ⁠Elma Ziyadatil Ulya

5. ⁠Sania Rahmatika

Kegiatan yang di laksanakan di dalam kelas, mengambil materi dengan tema yang berkaitan dengan Indonesia.

Tujuan diambilnya materi tersebut dimaksudkan untuk memperkenalkan Indonesia kepada para murid yang berada di Solahudin School, materi yang di ambilpun cukup beragam. Mulai dari: budaya; makanan khas; nyanyian daerah; bahkan pulau-pulau yang ada di Indonesia.

(Kegiatan mengajar dalam kelas oleh mahasiswi S1 UIN Walisongo di Solahudin School

Sumber gambar: dokumen UIN Walisongo)

Selama berlangsungnya kegiatan, mahasiswa ICP UIN Walisongo mengajar dengan penuh percaya diri. Meskipun terdapat sedikit language barrier, siswa dan siswi Solahudin School sangat antusias untuk mempelajari budaya Indonesia.

Sejalan dengan yang disampaikan oleh Prof. Dr. H. Muslih M. A., “Ambillah pengalaman sebanyak mungkin, karena kegiatan seperti ini tidak datang dua kali.” Kegiatan ini diharapkan dapat memberi pengalaman pada mahasiswa UIN Walisongo yang kemudian dapat dimanfaatkan oleh mereka di negara asal (Indonesia).

Kemudian acara dilanjut dengan sesi foto bersama dan disusul dengan penandatanganan MoU oleh UIN Walisongo dan Solahudin School.

(Sesi foto bersama UIN Walisongo dan Solahudin School

Sumber gambar: dokumen UIN Walisongo)

(Penandatanganan MoU oleh UIN Walisongo dan Solahudin School

Sumber gambar: dokumen UIN Walisongo)

Seluruh peserta dan tim kemudian menikmati makan siang bersama, menandai akhir dari kegiatan yang sukses dan menyenangkan.

By Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *