PENDIDIKAN BERBASIS RELIGI DI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO SEMARANG

Oleh : Lauwwanaddahri Jaufanishshofa

Menjadi seorang mahasiswa atau mahasiswi di suatu perguruan tinggi ternama menjadi idaman setiap remaja yang baru saja lulus dari sekolah menengah atas atau yang sering kita sebut dengan (SMA)  maupun sekolah menengah  atau yang sering kita sebut atau dengar yaitu (SMK) kejuruan.Mereka berusaha extra dan bersaing ketat untuk mendapatkan bangku – bangku perkuliahan.

Universitas Islam Negeri  Walisongo Semarang atau UINWS merupakan salah satu Universitas yang menjadi incaran para pemuda pemudi pelajar di era globalisasi saat ini. Karena hanya di Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang atau UINWS selain ilmu umum kita juga mendapat ilmu yang berbasis agama seperti yang telah kita ketahui saat ini nilai – nilai agama tersebut mulai luntur di tengah – tengah masyarakat kehidupan kita sekarang ini.

Universitas Islam Negeri Walisongo atau UINWS tidak kalah dengan Universitas lainnya yang ternama dan terfavorit pula. Karena di Universitas Islam Negeri Walisongo atau UINWS terdapat berbagai macam Fakultas dan Jurusan seperti universitas yang lainnya.

Kelebihan untuk kuliah di Universitas Islam Negeri Walisongo atau UINWS adalah memiliki fasilitas yang lengkap semuanya serba ada dan juga menanamkan nilai – nilai keagamaan yang sangat religi dalam kehidupan kampus maupun bermasyarakat yang tidak terdapat di universitas lainnya.

Visi dan Misi suatu perguruan tinggi merupakan pertimbangan para calon mahasiswa untuk masuk menjadi mahasisa di Universitas Islam Negeri Walisongo atau UINWS dimana visi tersebut “ Untuk membentuk universitas Islam riset terdepan berbasis pada kesatuan ilmu pengetahuan untuk kemanusiaan untuk peradaban pada tahun 2038 “. Dan untuk mencapai visi tersebut Universitas Islam Negeri Walisongo atau UINWS mempunyai misi yaitu : 1). Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran IPTEKS berbasis kesatuan ilmu pengetahuan untuk menghasilkan lulusan professional dan berakhlak al – karimah, 2). Meningkatkan kualitas penelitian untuk kepentingan islam, ilmu dan masyakat, 3). Menyelenggarakan pengabdian yang bermanfaat untuk pengembangan masyarakat, 4). Menggali, mengembangkan, dan menerapkan nilai – nilai lokal, 5). Mengembangkan kerja sama dengan berbagai lembaga dalam sekala regional, nasional, dan internasional, 6). Mewujudkan tata pengelolaan kelembagaan profesional berstandar internasional.

Keinginan saja untuk menjadi seorang mahasiswa atau mahasiswi di Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang atau UINWS itu tidak cukup, tetapi harus berusaha mempersiapkan diri dalam mengikuti seleksi ujian masuk perguruan tinggi islam melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, UMPTK-IN, maupun mandiri untuk bersaing mendapatkan bangku kursi untuk mengenyam pendidikan di bangku kuliah Universitas Islam Negeri Walisongo atau UINWS.

Di Universitas Islam Negeri Walisongo atau UINWS kita punya harapan lulus menjadi sarjana yang memiliki kapasitas akademik, profesional, dan berakhlak –ul- karimah yang mampu menerapkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan, menghasilkan karya yang bermanfaat untuk kepentingan islam, ilmu, dan masyarakat, dan harus bisa menghasilkan karya yang bermanfaat bagi masyarakat dengan menerapkan nilai – nilai kearifan lokal, yang bisa bekerja sama dengan berbagai elemen masyarakat.

Walaupun sekarang dalam masa pandemi, tetapi Universitas Islam Negeri Walisongo atau UINWS tetap exis untuk menyelenggarakan pendidikan atau perkuliahan secara online yang sering kita dengar dan kenal sebagai daring dengan memanfaatkan teknologi berbasis ilmu teknologi dan komunikasi online.

Hal ini menutut mahasiswa maupun mahasiswi untuk selalu aktif dan kreatif dalam bertransformasi untuk mengikuti perkuliahan maupun kegiatan kampus lainnya untuk mencapai hasil pembelajaran yang berkualitas walaupun dengan menggunakan daring dari rumah.

By Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *